DESAIN PORTOFOLIO YANG MENARIK










APA ITU PORTOFOLIO????










 Pengertian Portofolio, Secara umum portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.





     PORTOFOLIO di bagi dalam beberapa jenis sesuai dengan bidangnya msing masing yaitu:

  • portofolio di bidang keuangan
  • portofolio dalam bidang keuangan dan pemasaran 
  • portofolio dalam bidang politik dan pemerintahan 
  • portofolio dalam dunia pendidikan
  • portofolio dalam bidang seni 
   portofolio mempunyai  arti dan kegunaan  masing-masing sesuai degan bidangnya . kita ambil contohnya portofolio dalam dunia pendidikan,portofolio dalam dunia pendidikan ialah merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya. Ada beraneka portfolio mulai dari rapor / ijasah hingga dokumen-dokumen lainnya seperti sertifikat piagam, dan lain-lain sebagai bukti pencapaian hasil atas suatu pendidikan atau kursus. Portfolio ini sangat berguna untuk akreditasi pengalaman seseorang, pencarian kerja, melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikat kompetensi , dan lain-lain. Portfolio untuk tingkat TK, SD, SMP dan SMA dipandang sebagai kumpulan seluruh hasil dan prestasi belajar siswa. Dokumen setelah terkumpul lalu diseleksi yang akhirnya membuat refleksi pribadi. Penilaian ini dianggap sebagian peneliti pendidikan adalah penilaian alternatif di dunia modern dan jauh lebih reliable dan valid daripada penilaian baku.
     namun portofolio di bidang ke arsitektural ini termasuk dalam portofolio dalam bidang seni dan pemasaran karena ini berkaitan dengan hasil karya kita berupa sebuah gambar yang kita desain sebagai rekomendasi ke klien maupun ke pihak lain. dalam portofolio arsitektural ini biasanya berisi konsep rancangan kita , dan gambar mulai dari denah,potongan,tampak,perspektif dll.


  contoh portofolio dalam bidang arsitektur:








         (sumber) https://1219251035imadeabdisuhendra.wordpress.com/

   dalam dua gambar portofolio diatas kita mendapatkan sebuah informasi singkat dan cukup jelas mengenai konsep rancangan yang mereka buat dan bentukan dari sebuah bangunan tersebut dan portofolio ini bisa di dokumentasikan kesiapapun termasuk klien. 









    kegunaan portofolio dalam bidang srsitektur : 


 dalam bidang arsitektur portofolio jadi sangat penting karena portofolio merupakan ringkasan sebuah karya kita yang akan kita presentasikan dengan adanya portofolio klien atau pihak lain tidak perlu lagi melihat gambar kerja atau analisa analisa kita satu-persatu karena bukan tidak mungkin mereka tidak akan mengerti dengan gambar tersebut dan akan gampang membosankankan dan ini akan menjadi nilai minus buat kita makanya perlu adanya sebuah portofolio yang mudah di mengerti oleh orang lain dan dibikin semenarik mungkin agar menjadi nilai plus buat kita , kegunaan portofolio bukan hanya itu saja portofolio juga bisa di jadiin bahan buat kita untuk melamar kerja baik itu di bidang arsitektur dan lainnya , karena bisa jadi pihak perusahaan mengajukan syarat  syarat tersebut .


    desain portofolio

    membuat portofolio tidak hanya bikin sembarangan asal jadi , karena portofolio merupakan salah satu bahan yang akan dipresentasikan ke klien atau pihak lain dan jadi bahan pertimbangan  klien tersebut . jadi banyak hal-hal yang harus kita perhatikan dalam membuat portofolio , sebelum membuat portofolio hal yang harus kita perhatikan ialah 

  • gambar
   gambar apa saja yang akan kita masukkan dalam portofolio tersebut tentunya kita harus memilih gambar yang menurut kita bakal jadi nilai plus buat kita contohnya pilih view yang menarik dan mencerminkan karakter kita sendiri maupun yang di minta oleh kilen , supaya gambar tersebut terlihat lebih menarik harus melalui editing terlebih dahulu .

  • desain portofolio itu sendiri
  tentukan temanya terlebih dahulu sebelum membuat portofolio agar ada kesesuain gambar desain kita dengan desain portofolio tersebut agar keduanya tidak saling mengalahkan satu sama lain., dan kita harus tau di presentasikan kesiapa portofolio tersebut agar kita dapat membuat portofolionya sesuia dengan kebutuhnnya .

  • teliti kembali portofolio yang telah kita buat
  • kunakan softwere editing yang kita kuasai dan memadai .
kesimpulan:
  portofolio di bidang aritektur itu penting ,selain jadi salah satu syarat dari tugas kita, portofolio akan jadi penilaian dari seseorang tentang karakter kita , portofolio juga jadi bahan untuk membantu kita dalam melamar pekerjaan maka dari itu port ofolio tidak bisa kita abaikan begitu saja karena ada nilai jual tersendiri dalam portofolio tersebut.





                                                                                                               ok sekian dari saya semoga bermanfaat dan sukses bagi kita semua 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI ARSITEKTUR